Education is the most powerful weapon which you can use to change the world-Nelson Mandela-   Education is the ability to listen to almost anything without losing your temper or your self-confidence-Robert Frost-  Education: the path from cocky ignorance to miserable uncertainty-Mark Twain-  Education is our passport to the future, for tomorrow belongs to the people who prepare for it today

Rabu, 13 Juni 2012

Optimalkan Pendidikan di Rumah!

Orang tua memegang peran yang sangat penting dalam memajukan bangsa lewat mendidik dan memajukan anak-anak mereka sendiri. Orang tua tidak perlu harus tahu dengan matematik, bahasa asing (Inggris, Arab, Jepang), akuntansi, fisika dan lain-lain, namun mereka mampu menciptakan generasi yang bernas melalui model, motivasi dan semangat yang mereka pompakan pada anak sepanjang waktu. Mereka juga perlu belajar bagaimana menjadi orang tua yang cerdas terhadap anak-anak mereka sendiri. Mereka perlu, terlebih dahulu memahami mengapa dan bagaimana anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak memahami pertumbuhan dan perkembangan anak telah membuat jutaan orang tua di dunia ini menjadi salah didik. Maka agar tidak salah didik, carilah informasi tentang mendidik anak.

 Orang tua punya peran besar dalam pengembangan pendidikan agama dan moral anak. Kuaitas agama anak (seseorang) ditentukan oleh pendidikan, pengalaman, dan latihannya pada masa kecil dan saat iaremaja. Orang yang tidak pernah mendapat didikan agama dan pendidikan moral pada waktu kecil (sampai remaja) maka ia tidak merasakan pentingnya beragama dan berlaku santun pada waktu dewasa. Baca Juga Mengoptimalkan Pendidikan Di Rumah

 Bahkan Pendidikan anak bisa dimulai sejak dalam kandungan. Pengalaman nyata seorang sahabat yaitu sejak ia mengandung ia memiliki kebiasaan membaca buku mengenai "Muhammad Teladanku", Saat ini anaknya telah berusia 3 tahun kurang dan sangat senang apabila didongengkan mengenai kisah-kisah "Muhammad Teladanku" Bahkan di usianya yang masih balita anak sahabat tersebut sudah pandai menceritakan mengenai peristiwa munculnya air zam-zam walaupun masih terbata-bata.

 Apa Media Interaksinya Agar Terjalin Interaksi Orang Tua dan Anak

 Yang dimaksud dengan media interaksi adalah alat bantu yang dapat dipergunakan oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya untuk merangsang dan mendorong proses belajar anak dengan cara yang tepat dan menyenangkan.

 Manfaat langsung dari media interaksi adalah:
 1. Dapat langsung mempengaruhi panca indera dan otot-otot badan serta gerakan anak.
 2. Memberikan kebebasan dan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman2 baru, baik yang dialami sendiri oleh anak maupun yang dilihatnya.
 3. Mengakrabkan hubungan orang tua/keluarga dengan anak .
 4. Hasil Penelitian juga menunjukkan Kebahagiaan Anak Ditentukan Oleh Peran Penting Ayah

 Media interaksi dapat berupa :
 1. DONGENG ATAU CERITA
 Pilihlah dongeng / cerita yang siuai dengan daya tangkap anak, mengandung pesan positif.
 Sumber dan tema cerita dapat pengalaman hidup, ajaran agama, cerita kepahlawanan, cerita rakyat ataupun aturan2 hidup seperti pentingnya kebersihan.
 Pilihlah waktu yang tepat misalnya ketika anak akan berangkat tidur
 Pergunakan alat bantu sederhana seperti boneka dan berceritalah dengan bahasa yang sederhana
 dan penuh rasa kasih.

Pilihan Paket "Wahana Belajar Anak Cerdas (WBAC)" bisa menjadi media interaksi yang bisa digunakan orang tua sebagai wahana pendidikan bagi anak-anak. Paket buku ini sangat bermanfaat bagi orang tua yang ingin anaknya menjadi cerdas, selalu berfikir kritis, kreatif dan inovatif. Paket buku ini akan membantu orang tua dalam mengajar, membaca, menulis, matematika, pengetahuan tentang keselamatan, serta membangun karakter yang baik bagi anak-anak. Terdiri dari 20 buku utama dan dilengkapi dengan 9 komponen untuk mengoptimalkan kecerdasan anak-anak.

 Nilai-nilai yang diperkenalkan adalah agar anak mampu :
 a. Mencintai bacaan dan gemar membaca
 b. Mengenal konsep diri, etika, dan logika sederhana
 c. Memahami konsep matematika dengan logika yang menyenangkan
 d. Memahami pentingnya keamanan dan keselamatan

 Paket buku ini terdiri dari .
 1. Wahana Membangun Karakter (6 buah buku)
 2. Wahana Keajaiban Matematika (10 buah buku)
 3. Wahana Pengetahuan Keselamatan (4 buah buku)
 4. Wahana Kreativitas (7 buah buku + flash card +CD interaktif)

Atau Seri kisah sirah Nabi Muhammad Salallaahu alaihi wasallam. pertama di Indonesia untuk anak-anak yang disampaikan dalam bentuk dongeng. Mengenalkan kepada keluarga pada sosok teladan utama manusia. Disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami, mengalir dan mengasyikkan, serta kaya akan nilai-nilai akhlaq mulia dan sejarah Islam. Memahami nilai-nilai Islam yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad Saw. jadi lebih menarik dalam sajian ilustrasi artistic full color. Semakin tidak membosankan karena dilengkapi dengan berbagai sarana interaktif.

 Info Mengenai Buku-buku ini bisa anda dapatkan di Buku Program Pendidikan Orang Tua Cerdas

2. KEGIATAN BERMAIN
 Melalui bermain balita akan akan mendapatkan kemampuan berbaha, berfikir dan mengenal
 lingkungannya.
 menguatkan dan membuat trampil anggota badannya
 menjadikan anak lebih kreatif
 balita akan belajar bertanggung jawab dengan mematuhi peraturan dalam permainan.
 Anak balita perlu diarahkan dalam memilih jenis permainan yang sesuai dengan tempat, waktu dan suasana.
 Bermain juga harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak

wallahu a'lam

Rhizo Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar